Hello world.!!

"positive thinking"

Tertarik pada tarian : ‘She without arm, he without leg’

Pertunjukan ini diambil dari salah satu kompetisi Balet yang diselenggarahan oleh salah satu stasiun TV Cina, balet berpasangan ini telah memenangkan dalam kompetisi tersebut. Sepasang kekasih yang terdiri dari : seorang wanita (Ma Li) adalah balerina profesional berusia 30 tahun yang hanya memiliki satu lengan kanan saja akibat kecelakaan mobil pada tahun 1996, sedangkan penari pria (Li Tao) dengan nama lengkap Zhao Xiao Wei berusia 25 mengawali karirnya sebagai seorang atlit lompat jauh, lompat indah, menyelam, renang, bersepeda dan akhirnya atas dorongan dan pengajaran dari kekasihnya Tao menjadi penari balet sejak 2005.

Meskipun pada awalnya hubungan mereka tidak direstui oleh orang tua Li Tao, tetapi dengan niat dan kesungguhan mereka menunjukan sikap yang baik maka akhirnya mereka mendapat dukungan dari keluarga, begitu juga dukungan dari teman dekat, akhirnya sekarang mereka dapat hidup mendekati normal kembali sebagai penari profesional, meskipun sempat mengalami depresi dan rasa tidak percaya yang lama semasa hidupnya, tetapi akhirnya dengan kekurangan satu lengan dan satu kaki tersebut, mereka dapat bekerjasama menampilkan pertunjukan yang sangat sempurna pada kompetisi itu.

Meskipun mereka berdua berbeda usia, berasal dari latar belakang yang berbeda, tetapi dengan perasaan senasib memiliki kekurangan anggota tubuhnya, mereka dapat berlatih dengan kompak. Tentunya didampingi selalu oleh seorang koreografer, sehingga mereka terlihat menari dengan indah dan baik, sampai dinyatakan sebagai pemenang lomba tersebut.

she.2

Model Komunikasi yang digunakan

Model komunikasi Harold Lasswell dibuat pada tahun 1948, model ini menggambarkan proses komunikasi dan fungsi-fungsi nya. Model ini mengisyaratkan bahwa lebih dari satu saluran dapat membawa pesan, unsur-unsur pesan tersebut diantaranya adalah :

  • Who (siapa yang berbicara)
  • Say What (berbicara apa)
  • In Which Channel (dalam saluran yang mana)
  • To Whom (kepada siapa)
  • With What Effect ? (pengaruh seperti apa)

Teori Lasswell tersebut mengisyaratkan bahwa lebih dari satu saluran dapat membawa pesan.

Dalam hal ini terdapat tiga fungsi komunikasi yaitu :

  1. Pengawasan lingkungan yang mengingatkan anggota – anggota masyarakat
  2. Korelasi berbagai bagian terpisah dalam masyarakat yang merespon lingkungan
  3. Transmisi warisan sosial dari suatu generasi ke generasi lainnya.

Kajian Pertunjukan (Hand in Hand Dance)

Dalam pertunjukan ini (Who) artinya siapa yang menampilkan pertunjukan tersebut adalah penari Li dan Tao, sejak kecil Li sudah tergabung dalam sanggar balet jauh sebelum kecelakaan yang merenggut salah satu lengannya itu terjadi, sempat berhenti beberapa tahun dalam dunia tari, tetapi kemudian dia bangkit kembali untuk melanjutkan mengembangkan bakat yang ia miliki meskipun hanya dengan satu lengan saja, tidak lama dari kejadian itu Li bertemu dengan Tao adalah seorang yang hanya memiliki satu kaki saja, dengan susah payah dan perjuangan yang berat akhirnya Tao dapat berlatih balet. (Say What) Dalam pertunjukan ini penari bukan berbicara untuk mengungkapkan sesuatu dalam bentuk verbal, tetapi mereka mengungkapkan sesuatu dalam bentuk tarian, tarian yang member pesan romantis, saling mengisi, anggun dan penuh energy. (In Which Channel) Pertunjukan mereka di tampilkan pada ajang kompetisi Balet yang diselenggarahan oleh salah satu stasiun TV di Cina, dan mereka adalah pemenang pertama dalam kompetisi tersebut. (To Whom) Penampilan mereka tentunya ditujukan kepada para penyelenggara pada khususnya yaitu juri-juri lomba dan tim penilai pada kompetisi tersebut, tetapi secara umum pertunjukan tersebut ditampilkan secara baik untuk para penonton semua baik itu yang termasuk dalam komunitas balet ataupun penonton umum sebagai penikmat pertunjukan saja.

sehingga mereka terlihat menari dengan indah dan baik, sampai dinyatakan sebagai pemenang lomba tersebut.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Maret 20, 2015 by in Seni & Budaya.

Navigasi

%d blogger menyukai ini: